Tuesday, May 8, 2018

6 Makanan Legendaris Khas Kota Solo

6 Makanan Legendaris Khas Kota Solo

6 Makanan Legendaris Khas Kota Solo Pasar Gede

WiskulEnak. - Liburan ke kota Solo berburu batik serta tujuan wisata yang lain pasti kuras tenaga Anda. Jadi dari itu, masalah perut tidak bisa dipending. Kota Solo atau di kenal dengan Surakarta nyatanya menjual wisata kuliner yang tidak bisa ketinggal waktu berkunjung ke kota ini. Pasar Gede, pasar yang berdiri mulai sejak th. 1930 nyatanya jadi tujuan wisata untuk Anda yang menginginkan mencicipi makanan tradisionil unik Solo. Sebagian salah satunya bisa saja sudah jadi kuliner legendaris. 

1. Timlo Sastro Jika di tanya makanan referensi yang kudu dicicipi waktu berkunjung ke Solo, bisa saja orang Solo juga akan menjawab “Timlo Sastro yang di belakang Pasar Gede. " 

Timlo Sastro dikenal juga ada dekat tempat pembuangan sampah, hingga bau sampah juga akan tercium saat bersantap disini. Meski sangat, tempat tinggal makan ini tidak sempat sepi pengunjung. 

Timlo adalah semacam sup bening fresh dengan isian berbentuk beragam jeroan ayam, sosis solo, suwiran ayam serta pindang. Pak Sastro, di ketahui jadi sesosok yang pertama jika memperkenalkan sajian timlo pada warga Solo di th. 1952. Lantas, sajian ini sejatinya disantap jadi sajian waktu sarapan. Jadi dari itu, gerai Timlo Sastro juga akan di buka mulai sejak pahi hari yakni jam 06. 30 hingga jam 15. 30 WIB. Sekarang ini Timlo Sasto dikelola oleh empat orang anak Pak Sastro, serta miliki cabang di Jalan Dr Wahidin yang buka hingga malam. Untuk memakan sajian ini, semangkuk Timlo lengkap dengan nasi juga akan dihargai sebesar Rp 25. 000. 

2. Nasi Liwet Bu Sri Nasi liwet legendaris di Solo dengan rasa yang mantap tidak bisa ketinggal dicicip. Dari resep nasi liwet legendaris yang turun temurun, cita rasa nasi liwet Bu Sri tidak sempat buat kecewa beberapa pelanggannya. Daun pisang yang difungsikan pasti jadi penjaga cita rasa nasi liwet ini. Jangan lupakan areh, suwiran ayam kampung rebus, sayur labu, serta telur pindang yang buat sajian ini benar-benar seimbang dari sisi rasa. 

Harga sepincuk nasi liwet Bu Sri dihargai Rp 9. 000. Untuk Anda yang menginginkan berkunjung, patokan Nasi Liwet Bu Sri yaitu dibagian luar Pasar Gede yang jual buah. Ia berjualan dipojok dengan meja simpel serta kursi plastik. 

3. Tahok 
Berlokasi tidak jauh dari Nasi Liwet Bu Sri, nyatanya ada Pak Citro yang jual tahok. Tahok yaitu makanan ringan unik China yang mengenyangkan. Terbuat dari sari kacang kedelai serta disantap dengan air jahe gula. 

Di banyak daerah, Tahok bisa saja lebih di kenal jadi nama kembang tahu. Pak Citro berjualan tahok dari th. 1968, buka dari jam 06. 00 WIB serta umum habis jam 12. 00 WIB. Satu mangkok tahok bersama berisi dihargai Rp 6. 000. 

4. Es Dawet Telasih Bu Dermi 
Di warung Es Dawet Bu Dermi, Anda juga akan temukan ramuan es dawet tradisionil Solo yang turun-temurun tiga generasi. Semangkuk es dawet Bu Untuk berisikan ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji telasih, cairan gula serta santan dengan penambahan es batu juga akan beri kesegaran tenggorokan sesudah berkeliling-keliling Pasar Gede. 

Rut Tulus Subekti atau akrab disapa Bu Utit, sosok dibalik jajanan Dawet Telasih Bu Dermi. Ia yaitu generasi ke-3 yang saat ini melanjutkan usaha es dawet yang mulai berjualan mulai sejak th. 1930-an di Pasar Gede. Semangkuk es dawet dibanderol harga sebesar Rp 8. 000. Warung es dawet telashi Bu Dermi ini buka sehari-hari sampai jam 15. 00 WIB. 

5. Brambang Asem Brambang Asem, 
makanan unik Solo yang bisa saja udah tidak sering Anda dapati. Jadi dari itu, luangkan mencicipi sajian ini apabila berkunjung ke Solo. Kuliner Brambang Asem sendiri terdiri daun ubi di campur sambal asam jawa yang dirasa pedas serta manis.
Di sebelahnya disuguhkan lauk pendamping yaitu tempe gembos dibuat bacem. Tempe gembos sendiri berlainan dengan tempe umum lantaran tempe yang satu ini terbuat dari ampas tahu bukanlah kacang kedelai. Untuk Anda yang menginginkan mencicipi Brambang Asem, Anda cukup menuju penjual lenjongan yang ada di Pasar Gede. Diluar itu, Brambang Asem juga masih tetap dapat didapati di Jageran, daerah kebalen. Seporsi Brambang Asem Yu Sum di jual seharga Rp 4. 000 mulai jam 07. 00 sampai jam 14. 00 WIB. 

6. Lenjongan 
Lenjongan yaitu sajian unik kota Solo yang tenar mulai sejak masa penjajahan. Lenjongan biasanya pas disantap jadi sarapan pagi.

Isian dari lenjongan terbagi dalam sebagian jenis makanan, umpamanya tiwul, ketan hitam, ketan putih, gethuk, sawut, cenil, serta klepon. Yu Sum jual lenjongan di Pasar Gede dari jam 07. 00 - 14. 00 WIB. Seporsi lenjongan dengan beragam pilihan isi di tawarkan dengan harga Rp 4. 000.

Demikian Santapan Makanan Khas solo yang wajib kalian kunjungi disaat berlibur ke kota solo. Namun untuk kalian yang tidak memiliki Waktu untuk menikmati santapan makanan Khas solo ini kalian bisa memesan nya di 15 Website Belanja Online Terpercaya di Indonesia yang sudah banyak tersedia makanan serta barang-barang keperluan anda lainnya.

0 comments:

Post a Comment